Cara Mengecat Rumah dengan Benar

Cara Mengecat Eksterior Rumah Anda dengan Benar

EL Azzam 

Tentu untuk mengecat rumah kita bisa menyewa jasa pengecatan rumah. tentu ada biaya jasa dalam pengerjaanya. maka untuk menghemat biaya jasa cat lebih baik dilakukan sendiri. karena mengecat rumah sebenarnya adalah hal yang mudah dilakukan, tentu perlu langkah yang tepat dalam pengerjaannya, berikut adalah langkah mengecat rumah supaya didapatkan hasil yang maksimal agar dapat menghasilkan hasil cat yang baik.


Cuci permukaan dinding

Untuk memastikan cat menempel dengan baik, singkirkan kotoran dan debu yang menumpuk dari rumah menggunakan pompa cuci bertekanan. Kerjakan pencucian dari atas ke bawah dengan cara yang halus dan terkontrol, 

Perbaiki Permukaan dinding yang rusak

Pastikan dinding yang akan di cat rata, tidak ada yang berlubang, cowel ataupun retak. cara memperbaikinya dengan mengoleskan pengisi epoksi pada retakan atau lubang menggunakan pisau spackle. Setelah kering, amplas ringan menggunakan blok pengamplasan grit sedang.

Hilangkan Cat yang mengelupas

Setelah eksterior kering, berjalanlah di sekeliling rumah dengan memperhatikan cat yang lepas atau terkelupas. Letakkan kain lap di sepanjang tanah, lalu bersihkan cat yang terkelupas dan lepas menggunakan pengikis cat atau blok pengamplasan ukuran sedang.

Ratakan Permukaan dinding

Isi celah antara rumah dan rapikan di sekitar pintu dan jendela menggunakan dempul eksterior dan pistol dempul. Jika rumah memiliki bahan campuran seperti dinding dan batu bata, tambahkan dempul di sepanjang permukaan tempat bahan yang berbeda bertemu


 Lindungi Pintu, Jendela, dan Lampu

Tutup pintu, jendela dan perlengkapan penerangan menggunakan terpal plastik, kertas dan selotip.


Cat Eksterior

Aplikasikan satu atau dua lapis cat eksterior datar ke dinding. Pastikan untuk bekerja dengan cara Anda dari atas ke bawah dengan cara yang halus dan terkontrol, tumpang tindih setiap olesan kuas. jika anda mengubah warna eksterior dari terang ke gelap atau gelap ke terang, mulailah dengan lapisan primer untuk memastikan cakupan yang tepat. Cat Primer tidak diperlukan ketika lapisan baru dari warna yang ada sedang diterapkan.

Cat Trim dan Pintu

Lepaskan terpal plastik dari pintu, jendela dan perlengkapan pencahayaan. Tambahkan dua lapis warna cat semigloss eksterior pada kayu dan pintu menggunakan kuas. Lepaskan kain lap.


Related Post

Back to Top

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel